Prakata Modul Diklat Pengantar Kerja

Pada saat ini dunia kerja berhadapan dengan arus globalisasi yang memerlukan adanya peningkatan efisiensi dan produktivitas kerja, kondisi ketenagakerjaan ditandai oleh adanya tingkat pengangguran yang cukup tinggi sebagai akibat dari krisis ekonomi dan moneter yang dialami oleh bangsa Indonesia. 

Pada kondisi yang demikian, jumlah pegawai fungsional pengantar kerja yang menangani masalah ketenagakerjaan khususnya penempatan dan perluasan kesempatan kerja dirasakan masih kurang. Pegawai Pengantar Kerja adalah sumber daya aparatur yang bertugas sebagai ujung tombak dalam pengembangan dan perluasan kesempatan kerja baik melalui penempatan tenaga kerja maupun usaha mandiri.

Salah satu langkah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang professional, antara lain dengan memberikan pendidikan dan pelatihan pengantar kerja bagi para calon pegawai pengantar kerja. Berkaitan dengan hal tersebut agar Program Diklat Pengantar Kerja dapat berdayaguna dan berhasilguna, maka dalam persiapan diklat ini telah diupayakan penulisan dan penyempurnaan materi diklat yang merujuk pada kurikulum berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pegawai pengantar kerja

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka disusun modul pengantar kerja yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah peserta diklat dalam proses belajar mengajar. Diharapkan dengan membaca modul materi diklat ini sebelumnya, peserta diklat mendapatkan wawasan dan pemikiran sebagai bahan diskusi dalam proses pembelajaran di kelas dengan pengajar/widyaiswara. Materi dan modul diklat Pengantar Kerja berisi substansi dasar dan teknis yang seyogyanya dapat dikuasai oleh calon pengantar kerja

Untuk memperluas wawasan, diharapkan peserta diklat membaca buku-buku referensi atau daftar pustaka dan sumber-sumber lainnya. Diharapkan dengan berpedoman pada modul ini, para peserta dan pengajar/ widyaiswara Diklat Pengantar Kerja mempunyai kesamaan pemahaman terhadap seluruh kompetensi.